Tugu Muda, Salah Satu Tempat Nongkrong Yang Strategis Di Semarang


Halo sahabat travelling

Semarang itu ada apa sih? Simpang lima? Lawang sewu? 
Nah ! Semarang itu nggak cuma ada simpang lima dan lawang sewu, melainkan banyak sekali wisata wisata baik monumen, museum, pantai, hutan, dan lain lain bisa ditemukan di Semarang

Tempat wisata tidak harus berbayar, tempat wisata gratis pun tidak kalah unik dan menariknya.

Di Kota Semarang sendiri banyak sekali tempat wisata, baik berbayar maupun gratis, haha. Salah satu yang patut dikunjungi pada malam hari adalah Tugu Muda Semarang, tempat wisata yang satu ini dekat dengan lawang sewu, alias bersebrangan, bila siang hari hendaknya ke lawang seru, dan malam harinya silahkan ke tugu muda.

Tugu muda menjadi tempat wisata di malam hari dikarenakan pemadangan atau view yang bagus, karena ada persimpangan, tugu yang diberi lampu hias serta air mancur. Selain view yang bagus, tugu muda juga cocok untuk tempat nongkrong bareng keluarga maupun teman.

Tempat ini selalu ramai dan dipenuhi oleh lampu lampu, karena tempat ini berada di tengah jalan alias bunderan jalan, oleh karena itu lampu mobil pun kerap menghiasi tempat ini.
Tugu Muda berbentuk seperti lilin yang mengandung makna semangat juang para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan RI tidak akan pernah padam. Bentuk Tugu muda merupakan tugu yang berpenampang segi lima. Terdiri dari 3 (tiga) bagian yaitu landasan, badan dan kepala. Pasa sisi landasan tugu terdapat relief. Keseluruhan tugu dibuat dari batu. Untuk memperkuat kesan tugunya, dibuat kolam hias dan taman pada sekeliling tugu. Untuk mempercantik Tugu Muda, dibangunlah sebuah taman yang mengelilingi Tugu Muda. 
Di taman ini di beri beberapa ornamen supaya tugu muda dapat dijadikann sebagai taman kota, antara lain ada air mancur, lampu-lampu warna putih dan kuning yang akan menambah kesan anggun di malam hari. Pada taman terdapat pohon cemara, duplikasi senjata bambu runcing yang tegak berdiri berjajar sebanyak 5 (lima) buah yang menggambarkan Pertempuran lima hari di Semarang dengan bersenjatakan bambu runcing. Pada bagian kaki tugu terdapat relief dengan lima buah sangga pilar,yang kecuali dipergunakan untuk menggambarkan berbagai macam relief,juga dimaksudkan sebagai lambang Pancaila. Pada tiap-tiap sangga terdapat hiasan-hiasan yang berbeda satu dengan yang lain. (Sumber : Wikipedia)

Gue jelasin dikit nih tentang tampilan dari tempat ini. Tempat ini memiliki luas yang setara dengan taman pada umumnya, ada tempat duduk duduk, rumput untuk tempat nongkrong, serta air mancur untuk menikmati ketenangan serta keindahan tempat tersebut. Oleh karena itu, ini adalah salah satu tempat wisata yang cocok di malam hari, bilamana kalian berkunjung ke Semarang. 

Mari ! Ke Semarang ! 



1 Response to "Tugu Muda, Salah Satu Tempat Nongkrong Yang Strategis Di Semarang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel