Wisata Edukasi dan Rekreasi Kebun Binatang Ragunan


Di Jakarta banyak tempat wisata yang tersedia di Ibu Kota Indonesia tersebut. Tempat wisata di Jakarta bisa dibilang sudah tidak terhitung jumlahnya, untuk menarik wisatawan datang ke Jakarta membuat kota ini harus lebih meningkatkan tempat wisata nya.

Kota Jakarta tidak selalu berkaitan dengan hal hal yang kumuh dan juga kotor atau tidak terawat. Asal pengelolaan yang baik, apalagi itu tempat wisata, tentunya akan menghasilkan tempat yang baik dan terawat pula.

Kebun Binatang Ragunan merupakan salah satu tempat wisata di kota Jakarta yang jaraknya cukup jauh dari pusat kota. Kebun binatang ragunan sendiri merupakan salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia. Sudah didirikan sejak lama membuat tempat ini sangat populer dan menarik pengunjung serta wisatawan datang ketempat ini.

Tidak hanya sekedar menyuguhkan binatang yang banyak dan juga menarik. Tetapi kebersihan, keamanan dan kenyamanan tempat ini sungguh sangat terjamin dan bisa dibilang sangat terawat.

Kebun binatang ragunan sendiri berkonsep pengunjung yang melihat hewan dengan berjalan kaki atau bisa naik sepeda yang disewakan di tempat ini. Berbeda dengan taman safari yang harus naik kendaraan bilamana ingin masuk, Ragunan membuat pengunjung dan binatang menjadi sangat dekat. Sehingga ragunan cocok sekali sebagai tempat wisata bersama keluarga, teman, kerabat atau saudara serta komunitas. Karena selain bisa meihat satwa satwa yang ada, tempat ini cocok untuk kumpul kumpul atau saat ada event. Oleh karena itu tempat ini selalu ramai dikunjungin setiap harinya, kecuali hari senin karena itu adalah hari libur satwa.
Kebun Binatang Ragunan adalah sebuah kebun binatang yang terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia. Kebun binatang seluas 140 hektare ini didirikan pada tahun 1864. Di dalamnya, terdapat berbagai koleksi yang terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen 
Kebun Binatang Ragunan adalah kebun binatang pertama di Indonesia. Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1864 dengan nama Planten En Dierentuin yang berarti "Tanaman dan Kebun Binatang." Terletak pada tanah seluas 10 hektare di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat yang merupakan pemberian Raden Saleh. Saat itu, Planten En Dierentuin dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia yang tergabung dalam Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia.Tahun 1949, nama Planten En Dierentuin diubah menjadi Kebun Binatang Cikini dan pada tahun 1969 dipindahkan ke kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada tahun 1964. Pemerintah DKI Jakarta menghibahkan lahan seluas 30 hektaree yang menjadi rumah bagi kebun binatang ini. Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin meresmikan Taman Margasatwa Ragunan pada 22 Juni 1966. (Sumber : Wikipedia
Untuk parkir tidak usah khawatir, mau mobil, motor, bahkan bus bisa parkir aman, karena lahan parkir yang luas dan juga aman menjadi salah satu fasilitas yang ada. Untuk akses ke tempat ini pun sangatlah mudah, bisa naik kopaja, taksi, bahkan angkutan umum dari stasiun maupun tempat lainnya begitu mudah.


Satwa yang ada di Ragunan pun bisa dibilang sehat dan terjaga, pemberian makan satwa yang teratur serta kesehatan satwa yang terlihat pun membuat pengunjung menjadi merasa senang dan ceria, diakarenakan satwa yang lincah dan juga aktif. 

Banyak sekali satwa yang ada di Ragunan, tempatnya pun bermacam macam, ada yang di kandang, dilepas dan juga di kerangkeng pun ada. Mulai dari unggas, mamalia, dan pisces pun lengkap di Kebun Binatang Ragunan.

Bila anda mengunjungi tempat ini tidak perlu takut kelaparan atau kehausan, karena setiap harinya pedagang dan juga warung yang ada di ragunan akan selalu buka, jadi anda sekeluarga bisa tetap ceria dan beraktifitas di kebun binatang ragunan.

Yuk ! Ke Jakarta !



2 Responses to "Wisata Edukasi dan Rekreasi Kebun Binatang Ragunan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel