Masjid Atta'awun Bogor yang Sejuk dan Indah


Halo Sahabat Travelling

Puncak Bogor merupakan salah stau tempat destinasi yang sejuk, indah, dan juga nyaman bagi masyarakat Jakarta, Bogor bahkan Bandung, atau dari Kota lain, karena tidak pas rasanya bila pergi ke Bogor tetapi tidak mengunjungi Puncak Bogor, dimana pemandangan yang indah dikelilingi kebun teh yang luas nan indah.

Puncak bisa dibilang selalu ramai bila sudah memasuki hari libur, karena banyaknya wisatawan yang berwisata ke puncak atau hanya sekedar singgah saja. Puncak pun memiliki banyak tempat wisata yang sangat juara pemandangan serta suasananya, jadi tidak heran bila pergi ke puncak untuk menikmati udara serta keindahannya.

Salah satu tempat wisata yang juga menjadi tempat ibadah yaitu adalah Masjid Atta'awun puncak, masjid ini dinilai sangat bersejarah, selain itu tempatnya yang berada di ketinggian menjadikan masjid ini wajib dikunjungi, entah sekedar menikmati pemandangan disekitar masjid atau sekalian melaksanakan ibadah bagi umat muslim.

Masjid ini memiliki pemandangan yang sangat indah di sekitarnya, hamparan kebun teh yang luas serta kabut yang menjadikan tempat ini sangat sejuk, selain itu disekitar masjid pun banyak kedai makanan dan minuman, sambil makan dan minum kita menikmati suasana puncak Bogor.
Berawal dari kebutuhan sarana ibadah untuk para tenaga kerja Perkebunan Teh milik PT. Gunung Mas yang dikelola PTPN Nusantara VIII, dibangunlah sebuah masjid kecil dan sederhana di lokasi yang dipandang strategis. Tepatnya di pinggir Jalan Raya Puncak, sekitar km 88,5 dari Ibukota Jakarta di Blok/Kampung Naringgul Desa Tugu Selatan Kecamatan Cisarua Kabupaten Bogor. 
Masjid yang didirikan di wilayah Perkebunan Teh peninggalan penjajah Belanda ini dinamakan Masjid Al-Muttaqien milik PT. GUNUNG MAS dan Pengelolaannya dilakukan secara swadaya oleh para sesepuh tenaga kerja Perkebunan Teh yang berdomisili dekat dengan lokasi Masjid Al-Muttaqien. Pada dasawarsa tahun 1990-an, Masjid Al-Muttaqien yang mungil itu ternyata semakin banyak dikunjungi jamaah, baik untuk kegiatan shalat fardhu maupun shalat jum’at. Jamaah masjid yang semakin bertambah bukan hanya dari jamaah yang berasal dari masyarakat sekitar, tetapi juga para jamaah luar kota yang melewati Jalan Raya Puncak yang menjadi poros transportasi Bandung, Cianjur, Bogor, dan Jakarta. H. R. Nuriana yang kebetulan sering menempuh perjalanan lewat jalur puncak tertarik melihat posisi strategis dan keindahan alam sekitar puncak, semakin memperkokoh keinginan kuat untuk membangun monumen Rereongan Sarupi dikawasan tersebut yang sekarang ini dikenal dengan Masjid At-Ta’awun. (Sumber : Kujangbogor.com
Untuk yang ingin singgah atau mengunjungi Masjid ini tidak usah khawatir, parkiran mobil maupun motor tersedia disini, tetapi untuk tarif tergolong mahal atau tidak murah untuk motor maupun mobil.


Bila melihat kesekitar masjid, pemandangan di dalam maupun luar masjid begitu memanjakan mata. Tempatnya yang bersih mulai dari dalam sampai luar masjid, tanaman yang tertata rapih, serta terdapat sungai kecil di samping masjid yang menambah indah nuansa pemandangan di sekitar Masjid Atta'awun ini.
Desain masjid yang membuat nyaman para pengunjung, bisa berfoto ria, bahkan menunaikan ibadah dengan nyaman menjadikan masjid ini menjadi kawasan yang wajib dikunjungi atau disinggahi bila berkunjung ke Puncak Bogor.

Tunggu apalagi, Mari ! Ke Bogor ! 


1 Response to "Masjid Atta'awun Bogor yang Sejuk dan Indah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel