Melihat Sejarah Klenteng Sam Poo Kong Semarang


Halo sahabat travelling

Tentunya kota Semarang merupakan kota yang memiliki banyak sekali bangunan bersejarah, salah satunya adalah sekali klenteng serta peninggalan pada zaman dahulu.

Sam Poo Kong sendiri sudah sangat terkenal di masyarakat, karena bangunan nya yang megah serta merupakan sejarah yang masih bisa dinikmati oleh kita semua. Dahulu sam poo kong merupakan tempat singgah sementara Laksamana Cheng Ho hingga ia meninggal.

Selain sebagai objek wisata, Sam Poo Kong juga merupakan tempat ibadaha bagi etnis tionghoa, dikarenakan sejarah yang ada.

Sebelum lanjut ke cerita, simak dulu sejarah Sam Poo Kong 
Kelenteng Gedung Batu Sam Po Kong adalah sebuah petilasan, yaitu bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama seorang Laksamana Tiongkok beragama islam yang bernama Zheng He / Cheng Ho. Terletak di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang. Tanda yang menunjukan sebagai bekas petilasan yang berciri keislamanan dengan ditemukannya tulisan berbunyi "marilah kita mengheningkan cipta dengan mendengarkan bacaan Al Qur'an".
Menurut cerita, Laksamana Zheng He sedang berlayar melewati laut jawa, namun saat melintasi laut jawa, banyak awak kapalnya yang jatuh sakit, kemudian ia memerintahkan untuk membuang sauh. Kemudian merapat ke pantai utara semarang untuk berlindung di sebuah Goa dan mendirikan sebuah masjid di tepi pantai yang sekarang telah berubah fungsi menjadi kelenteng. Bangunan itu sekarang telah berada di tengah kota Semarang di akibatkan pantai utara jawa selalu mengalami proses pendangkalan yang di akibatkan adanya proses sedimentasi sehingga lambat-laun daratan akan semakin bertambah luas kearah utara (Sumber : Wikipedia)
Bangunan Sam Poo Kong begitu banyak dan megah, ada patung laksamana Chengho, ada klenteng peribadatan, serta klenteng untuk istirahat, total bangunannya sekitar 5 buah. Oleh karena itu Sam Po Koong adalah klenteng terbesar di Semarang.

Banyak sekali wisatawan yang ingin mengetaui sejarah, Sam Poo Kong sendiri buka dari siang hingga malam. Dan disekitar situ pun banyak sekali jajanan atau kantin untuk kita yang sedang lelah dan ingin berisitirahat.

Walaupun tempat ini selalu ramai, tapi kebersihan dan kemanan tempat ini selalu dijaga dengan baik, sehingga siapa yang berkunjung kesini akan merasa senang dan takjub akan sejarah yang ada. Ayo ! Ke Semarang !

0 Response to "Melihat Sejarah Klenteng Sam Poo Kong Semarang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel