Daya Tarik Monas Sebagai Ikon Kota Jakarta


Halo sahabat Travelling

Monumen Nasional, tempat yang bersejarah bagi negara Indonesia. Monas menjadi saksi bisu bagaimana negara Indonesia melewati berbagai problema suka maupun duka. Monas dibangun oleh presiden pertama Republik Indonesia yaitu Ir. Soekarno. Nah disini gua mau bahas apa sih keunikan monas sehingga banyak wisatawan yang berkunjung ke Monas.

Monas sendiri bukanlah monumen bersejarah yang memiliki ukuran kecil, melainkan dari ukuran sekitar monas mulai dari parkiran, taman, food court dah sampai monasnya memiliki ukuran yang sangat besar. Selain itu di sekita monas tidak hanya ada monas saja, melainkan banyak patung patung yang memiliki cerita masing masing, patung tersebut adalah patung para pahlawan terdahulu, seperti ada patung R.A Kartini, Patung Ikada, Patung Pangeran Diponegoro, Patung Muhammad Husni Tamrin dan Patung Chairil Anwar. Kelima patung patung tersebut memiliki cerita dan pengaruh yang besar bagi negara Indonesia untuk meraih kemerdekaan.

Bilamana kita memasaku kawasan wisata monumen nasional atau monas, kita bisa menggunakan bis wisata gratis yang disediakan maupun berjalan kaki. Bila menggunakan bus kita harus memasuki monas nya juga, tetapi bila berjalan kaki kita bisa menikmati taman dan bersantai santai.
Monumen Nasional atau yang populer disingkat dengan Monas atau Tugu Monas adalah monumen peringatan setinggi 132 meter (433 kaki) yang didirikan untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia Belanda. Pembangunan monumen ini dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Sukarno, dan dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975. Tugu ini dimahkotai lidah api yang dilapisi lembaran emas yang melambangkan semangat perjuangan yang menyala-nyala. Monumen Nasional terletak tepat di tengah Lapangan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Monumen dan museum ini dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 - 15.00 WIB. Pada hari Senin pekan terakhir setiap bulannya ditutup untuk umum. (Sumber : Wikipedia)
Nah bila sudah memasuki Monas, kita bakal mengantri di bagian bawah monas untuk naik ke atas monas. Memang ada apasih di atas monas? Kurang lengkap memang rasanya bila ke Monas tapi tidak masuk dan naik monas. Bila kita mengunjungi bagian teratas monas, kita dapat melihat kota Jakarta melalui teropong maupun tidak, banyaknya gedung gedung pencakar langit di Kota Jakarta dan juga melihat keindahan kota Jakarta yang lainnya.


Biasanya sebelum kita turun ke bawah sehabis dari puncak monas, kita akan ke suatu ruangan yang berada di Monas, diruangan tersebut terdapat teks proklamasi dan rekaman pembacaan teks proklamasi tahun 1945 asli. Jadi kita bisa mengetahui sejarah dari berbagai aspek.

Untuk akses ke Monas pun tidak usah khawatir, bisa naik kereta, bis, angkutan umum dll. Apalagi sekarang sudah adanya ojek online dan mobil online jadi kalian tidak usah khawatir untuk transportasinya. Dan untuk makan maupun minum. Disekitar monas sudah rapih pedagang makanan dan minuman, tempat nya pun bersih dan nyaman, seperti foodcourt foodcourt pada umumnya, banyak pilihan makanan yang tersedia.

Selain kalian mengunjungi monas untuk mengetahui sejarahnya, tidak ada salahnya juga berwisata ke monas untuk bermain bersama keluarga, teman, dan juga komunitas untuk kumpul kumpul, ataupun olahraga, karena tempatnya yang luas biasanya monas sangat ramai pengunjung pada saat hari libur.

Dari semua keunikan monas, yakin enggak mau wisata ke tempat bersejarah yang satu ini? Yuk ! Ke Jakarta



1 Response to "Daya Tarik Monas Sebagai Ikon Kota Jakarta "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel