Arsitektur Megah Nan Indah Masjid Agung Jawa Tengah


Untuk para wisatawan yang menikmati keindahan dan keunikan kota Semarang, salah satu icon dari kota Semarang yang menarik perhatian para wisatawan antara lain Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid ini terletak di tengah - tengah pemukiman warga. Uniknya lagi adalah, posisi masjid ini tidak berada di jalan besar atau di pusat kota, melainkan terdapat di antara jalan - jalan sempit dan juga perumahan warga. 

Masjid ini dinilai memiliki arsitektur yang megah dan juga menjadi salah satu daya tarik jika berada di Kota Semarang. Arsitektur bangunan yang serupa dengan masjid Nabawi di Madinah yang memiliki beberapa payung raksasa menambah ke indahan arsitektur masjid ini. 

MAJT atau masjid agung jawa tengah juga memiliki Al - Qur'an raksasa serta Bedug raksasa yang ada di sekitaran Masjid tersebut. Selain itu menara dan pilar yang mengelilingi sekitaran masjid membuat masjid ini terlihat begitu megah nan indah. 

Berikut adalah sedikit penjelasan mengenai MAJT : 
Masjid Agung Jawa Tengah adalah masjid yang terletak di Semarang, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Masjid ini mulai dibangun sejak tahun 2001 hingga selesai secara keseluruhan pada tahun 2006. Masjid ini berdiri di atas lahan 10 hektare. Masjid Agung diresmikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) merupakan masjid provinsi bagi provinsi Jawa Tengah. Sejak Juni 2017, masjid ini telah memiliki sebuah stasiun televisi yakni MAJT-TV yang siarannya bekerjasama dengan TVKU Semarang. (Sumber : Wikipedia)

MAJT sendiri selain disiapkan sebagai tempat ibadah, juga dipersiapkan sebagai objek wisata religius. Untuk menunjang tujuan tersebut, Masjid Agung ini dilengkapi dengan wisma penginapan dengan kapasitas 23 kamar berbagai kelas, sehingga para peziarah yang ingin bermalam bisa memanfaatkan fasilitas. Daya tarik lain dari masjid ini adalah Menara Al Husna atau Al Husna Tower yang tingginya 99 meter. Bagian dasar dari menara ini terdapat Studio Radio Dais (Dakwah Islam) dan pemancar TVKU. Sedangkan di lantai 2 dan lantai 3 digunakan sebagai Museum Kebudayaan Islam, dan di lantai 18 terdapat Kafe Muslim yang dapat berputar 360 derajat. Lantai 19 untuk menara pandang, dilengkapi 5 teropong yang bisa melihat kota Semarang. Pada awal Ramadhan 1427 H lalu, teropong di masjid ini untuk pertama kalinya digunakan untuk melihat Rukyatul Hilal oleh Tim Rukyah Jawa Tengah dengan menggunakan teropong canggih dari Boscha.

Nah dari semua keunikan tersebut, MAJT memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan - wisatawan. Oleh karena itu, Yuk ! Ke Semarang !


1 Response to "Arsitektur Megah Nan Indah Masjid Agung Jawa Tengah "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel