Ini Dia Klenting Kuning Sumowono Semarang Yang Unik !


Hallo sahabat Travelling. Pada perjalanan kali ini saya akan menceritakan tentang air terjun klenting kuning yang ada di Sumowono, Kabupaten Semarang.

Klenting kuning merupakan salah satu curug yang ada di kabupaten Semarang, tempat nya sih tidak terlalu jauh dari bandungan. Dari Bandungan kalian hanya perlu meneruskan perjalanan sedikit saja, melewat gerbang candi gedong songo, sekitar 15 menit dari sana kalian akan sampai

Untuk perjalanan ke Klenting Kuning ini dari tempat penjualan tiket ternyata tidak jauh lho ! Tidak seperti curug kebanyakan yang jauh sekali menuju air terjunnya, harus naik dan turun bukit serta melewati hutan-hutan. Klenting kuning ini cocok sekali untuk wisatawan yang ingin berlibur namun tidak ingin repot repot berjalan, jarak dari tiketing ke curugnya pun kurang lebih hanya 1km saja.

Jika kalian sudah sampai di tempatnya, kalian akan disuguhkan air terjun besar yang tingginya sekitar 8 meter saja. Memang tidak terlau tinggi karena berada jauh dari kaki gunung ungaran, namun jangan salah, pesona dan suasana nya sangat sejuk dan tenang sekali.
Curug / Grojogan / Air Terjun Klenting Kuning merupakan salah satu pesona tersembunyi dari Desa Kemawi, Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang Jawa Tengah. Mendengar namanya terdengan unik namun sepertinya tidak asing. Namanya seperti nama seorang gadis cantik yang akhirnya dipilih oleh Ande-ande Lumut. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 8 meter tersebut, berada di sebelah barat lereng Gunung Ungaran, agak tersembunyi dari khalayak ramai, menyimpan pesona yang tersembunyi dari sebuah desa yang bernama Kemawi. (Sumber : Seputar Semarang)
Meski tersembunyi, namun Curug Klenting Kuning memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan curug lainnya. Ya! dari namanya saja kita sudah dapat mendeskripsikan apa yang ada disana. Terlihat dari airnya yang berwarna kuning namun bukan karena kotor dan banyak kotoran, tapi karena lumut lumut yang menempel disana serta ada belerangnya juga yang menambah kesan bahwasannya tempat ini begitu indah dan sayang untuk di lewatkan.



Pihak pengelola pun tidak mau mengecewakan para wisatawan, mereka menyediakan pendopo serta toilet untuk para wisatawan yang ingin bersantai-santai untuk menhabiskan waktu dengan alam. 
Selain air terjun pun kita dapat naik sedikit menuju atas karena disana terdapat hutan pinus yang terlihat indah dan bagus untuk dijadikan spot foto foto yang unik seperti foto diatas. Terdapat pula saung di atas bukit tersebut untuk menikmati pemandangan dengan nyaman. Lalu jika kalian berjalan agak sedikit kebawah, kalian akan menemukan banyak bunga terompet yang menghiasi sekitar curug ini. Ada sungai dan kolam kecil juga disana, namun harus hati-hati karena banyak lumut yang membuat bebatuan menjadi sangat licin.

Alhasil benar-benar tidak akan menyesal bilamana mengunjungi klenting kuning. Tidak hanya mendapatkan curug atau air terjun saja, kalian juga bisa menikmati hutan pinus untuk berfoto-foto dan sudah disiapkan tempat fotonya juga lho. Dengan harga tiket masuk sebesar 5.000 rupiah, harga tersebut ga akan rugi deh buat kalian semua dengan wisata alam yang satu ini !

Tunggu apalagi, Yuk ke Curug Klenting Kuning !


10 Responses to "Ini Dia Klenting Kuning Sumowono Semarang Yang Unik !"

  1. Mantap gan blog nya, ada youtube nya juga...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah terimakasih gan, iya gan dikasih video biar bisa lebih ngasih banyak informasi ke pembaca :D

      Delete
  2. keren gan curugnya di daaerah ane ada curug cuman gaterlalu indah, next time ane bakal ajak temen kesini ah buat traveling, buat merefresh pikiran gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. curug nya beda gan sama curug biasa, soalnya ada lumut kuning gitu gan, bikin menarik hahaha. Siap ditunggu gan

      Delete
  3. keren ni artikelnya, pecinta alam pasti ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah tau aja agan ini, btw makasih banyak gan sudah berkunjung :D

      Delete
  4. keren dah, sekarang blogger juga musti bisa video juga ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih gan haha. wah engga musti gan, vidionya cuman buat pemanis aja, sekalian nyalurin hobi juga haha

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel