Taman Satwa Taru Jurug Surakarta Sebagai Hiburan Untuk Keluarga


Taman Satwa Taru Jurug merupakan salah satu aset dari Kota Surakarta. Kota Surakarta memiliki beragama tempat pariwisata yang sangat potensial. Sebagai contohnya adalah dari data yang dipaparkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Kota Surakarta menduduki peringkat kedua dengan kunjungan wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara terbanyak di Jawa Tengah setelah Kabupaten Magelang.


Salah satu tempat wisata yang berpotensi dan memiliki segudang sejarah, Taman Satwa Taru Jurug adalah salah satunya. Taman Satwa Taru Jurug 
Taman Satwa Taru Jurug merupakan salah satu objek wisata di Kota Surakarta yang dibangun pada tahun 1878. Taman Jurug menawarkan lokasi yang indah untuk beristirahat, di dalamnya terdapat berbagai spesies hewan dan tumbuhan. Dengan konsep wisata alam, jalan-jalan di dalam taman dikelilingi pohon-pohon besar dan rindang. Di dalam lokasi taman, kita akan sering menjumpai kawanan monyet dan berbagai jenis spesies burung. Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) berlokasi di timur kota Solo, dekat perbatasan dengan Karanganyar. Taman wisata yang dahulu sempat menjadi primadona pariwisata di kota Solo ini, kini seakan kehilangan pamornya karena kurangnya pengelolaan selama bertahun-tahun. (Sumber : Wikipedia)
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Taman Jurug merupaan kebun binatang berbasis taman satwa, memiliki beragam flora dan fauna, terutama fauna langka. Taman Jurugpun menawarkan suasana alam, dihiasi pohon-pohon besar dan rindang. Untuk wisata keluarga, tentunya ini sangat cocok karena di tempat wisata ini kita bisa melihat bagaimana konservasi hewan, berekreasi dan juga menambah edukasi kita semua.

Mengapa taman satwa ini cocok untuk keluarga? Taman Satwa Taru Jurug menawarkan berbagai rekreasi, seperti sepeda air, kereta wisata serta taman bermain untuk anak. Para anak-anak akan senang bilamana dapat melihat satwa dari jarak dekat, selain itu banyak nya jajanan juga menambah kesan ramai pada tempat wisata ini. Selain itu para keluarga pun dapat berjalan menyusuri taman ini, tidak usah khawatir, ada kereta wisata juga, dan kandang antara satwa pun berdekatan, jadi kalian bisa berlama-lama di tempat ini sambil belajar dan melepas penat juga.


Dahulu Taman Satwa ini merupakan salah stau primadona wisata di Kota Surakarta, namun seiring berjalannya waktu, tempat wisata ini harus menelan pil pahit,seperti buruknya pengelolaan serta penurunan jumlah wisatawan yang cukup drastis. Sehingga menurut data BPS, Taman Jurug ini menduduki peringkat ke 4 dari 9 destinasi wisata yang paling banyak di kunjungi di kota Surakarta.



Taman yang memiliki luas 14 ha dan terbagai menjadi 12 ha untuk kebun binatang dan 2 ha untuk tempat wisata lain. Mengapa tempat wisata lain? Karena potensi taman jurug tidak hanya terletak pada kebun binatang saja, namun juga terdapat taman gesang, danau, serta tempat wisata beragam di dalamnya. Nah oleh karena itu mengapa sekarang ini pemerintah sedang gencar untuk merevitalisasi taman satwa ini, karena beragam potensi di dalamnya bisa dikembangkan untuk kembali ramai pada masa kejayaannya. 

Maka dari itu sebagai warga negara Indonesia dan ingin beriwsiata ke tempat-tempat wisata untuk mengembangkan potensi di dalamnya, salah satu tempat yang harus kalian kunjungi adalah Taman Satwa Taru Jurug di Kota Surakarta. Karena salah satu tolak ukur agar tempat wisata tersebut dapat berkembang adalah wisatawan itu sendiri.

Oleh karena itu, Yuk ! Ke Surakarta, Yuk ! Ke Taman Jurug ! Kita majukan potensi tempat wisata yang ada di Indonesia !





4 Responses to "Taman Satwa Taru Jurug Surakarta Sebagai Hiburan Untuk Keluarga"

  1. Keren Gan :D Jadi Pengen Kesan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih banyak gan, ditunggu gan kedatangannya hahaha

      Delete
  2. Jadi Pengen liburan deh melepas Penat enak kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus itu mah gan untuk merefreshing badan dan pikiran juga hahhaa

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel