Takjub dan Menawannya Air Terjun Kali Pancur Kabupaten Semarang


Halo sahabat Traveller

Takjub dan menawan, kedua kata diatas sangat cocok untuk menggambarkan betapa indahnya Air Terjun Kali Pancur yang terletak di Kopeng Salatiga ini.

Air terjun ini berada di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, sekitar 14 km sebelah barat Kota Salatiga. Untuk sampai di tempat ini kita bisa menggunakan motor maupun mobil. Untuk tiket masuk ke Air Terjun Kali Pancur ini satu orang cukup membyara Rp 3.000 saja dan untuk satu kendaraan cukup membayar Rp 2.000 saja.

Sebenarnya air terjun ini bisa dibilang tersembunyi, dikarenakan kita harus melewati rumah warga atau desa terlebih dahulu. Selain itu kopeng sendiri merupakan tempat wisata yang mana memiliki banyak wahana wisata dan perhotelan, selain itu bisa menjadi alternatif untuk mendaki gunung. Sehingga Air Terjun Kali Pancur ini jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Untuk perjalanan dari pintu utama menuju air terjun ini bisa dibilang lumayan dekat, namun akan cukup menguras tenaga dikarenakan tangga yang berliku liku dan sangat banyak. Oleh karena itu kita harus menghemat tenaga bilamana ingin mengunjungi air terjun ini. Untuk makanan dan minuman bilaman tidak mau membawa bekal yang berat, di sekitar perjalanan menuju air terjun ini banyak pedagang minuman dan makanan ringan, sehingga bilaman kelelahan bisa istirahat untuk minum atau ngemil terlebih dahulu.



Yang membuat saya takjub tentunya setelah menempun perjalanan yang lumayan jauh, semua itu terbayar sudah. Pemandangan indah yang ada di air terjun ini begitu menyejukan mata, kita bisa memandang debit air yang sangat besar dan juga tingginya air terjun ini. Hembusan angin begitu membuat kita nyaman.
Air terjun kali pancur memiliki ketinggian sekitar 100 meter, berada pada punggungan gunung telomoyo yg mengarah ke danau rawa pening. Sepanjang punggungan gunung ini selain terdapat air terjun juga memiliki banyak tebing batu andesit dengan ketinggian bervariasi dari 20 meter sampai 100 meter. (Sumber : seputarsemarang.com
Takjub adalah perasaan pertama saya saat melihat air terjun ini. Saat turun dari pintu utama menuju air terjun ini pun kita sudah dapat melihat air terjun ini dari jauh, dan ingin rasanya cepat-cepat sampai disana.

Memang ciptaan Tuhan begitu indah dan menakjubkan, untuk liburan akhir pekan, mengunjungi air terjun ini menurut saya menjadi pilihan yang sangat cocok, refreshing dengan kesibukan sehari-hari untuk melihat nuansa alam yang tiada duanya.

Oleh karena itu, tidak ada lagi alasan untuk tidak ke Air Terjun Kali Pancur ini, Yuk ! Ke Semarang !



2 Responses to "Takjub dan Menawannya Air Terjun Kali Pancur Kabupaten Semarang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel