Uniknya Ikon Patung Ganesha Tidur di Desa Banjerejo Grobogan !


Halo Sahabat Travelling

Desa Banjarejo merupakan salah satu Desa Wisata yang ada di Kabupaten Grobogan. Disebut Desa Wisata karena Desa Banjarejo memiliki berbagai macam potensi pariwisata yang sangatlah unik. Mulai dari rumah fosil, sampai balai desa yang dijadikan alun-alun desa Banjarejo. Dan yang lebih unik lagi adalah, di Balai Desa Banjarejo terdapat patung ganesha tidur yang sangat besar, tentunya itu menjadi salah satu ikon yang ada di Desa Banjerjo Kabupaten Grobogan.

Patung Ganesha Tidur yang ada di Balai Desa tersebut sering dijadikan tempat wisata berbagai kalangan, tak lain tak bukan adalah untuk mengabadikan moment baik bersama teman-teman maupun keluarga. Di sekeliling Balai Desa pun terdapat taman kecil yang dikhususkan untuk para pengunjung berisirahat.

Patung Ganesha Tidur tersebut berwarna keemesan dan memiliki ukuran 11 x 4,5 meter, cukup tinggi untuk sebuah patung raksasa. Oiya, patung tersebut juga dibuat oleh seniman lokal Kecamatan Gabus lho, sehingga bentuknya memiliki nilai seni yang amat indah.
Menurut Kepala Desa Banjarejo Achmad Taufik, pembuatan patung Ganesha dilakukan dengan beberapa alasan. Yakni untuk mengenang adanya kehidupan era animisme, Hindu, dan Buddha yang pernah ada di Banjarejo. Alasan lain, karena banyaknya penemuan benda purbakala yang didominasi dari jenis gajah purba 
Pembangunan patung Ganesha Tidur beserta tamannya, dimulai pada 16 April dan selesai pada 6 Juni lalu. Setelah selesai, langsung diresmikan Bupati Grobogan Sri Sumarni. Pembangunan ini bertujuan untuk memperkuat karakter Banjarejo sebagai desa bersejarah dan sebagai salah satu destinasi wisata. (Sumber : Radar Kudus)
Pada hakikatnya, Desa Banjarejo sendiri tidak lepas dari dua sejarah besar. Yaitu masa purbakala dan masa klasik Hindu-Buddha di situs Medang. Dari masa purbakala banyak sekali temuan fosil gajah dan beberapa kali ditemukan arca Ganesha. Maka patung Ganesha itu dianggap bisa mewakili dua situs yang ada di Banjarejo, dan uniknya lagi patung tersebut berada di balai Desa, yang mana itu merupakan salah satu suguhan menarik bagi para wisatawan.



Antusias warga akan pembangunan patung ganesha tidur dan berbagai macam pembangunan wisata lainnya sangatlah tinggi, mulai dari pagi sampai sore hari, balai desa Desa Banjarejo ramai dikunjungi oleh wisatawan. Namun tentunya mereka tidak hanya sekedar melihat dan berfoto bersama patung Ganesha tersebut. Selain patung pun adapula replika gajah purba yang disimpan disatu ruangan besar sekitar balai Desa, pengunjung pun dapat melihat lihat kesana secara gratis. Ada juga taman ditengah tengah balai Desa yang rimbun dan sangatlah menarik, yang memiliki nama "Taman Balung" yaitu kepanjangan dari Patung Bajul Putih Linglung.

Nah yang uniknya lagi adalah biasanya ada seni tari dan seni gamelan yang dimainkan untuk menghibur para pengunjung wisata. Untuk urusan perut, tak usah khawatir, di sekitar balai desa banyak sekali terdapat pedagang asongan berjualan, mulai dari makanan, minuman sampai aksesoris.

Nah, kalau kalian tertarik melihat ikon Desa Banjarejo ini, Yuk! Ke Grobogan!



0 Response to "Uniknya Ikon Patung Ganesha Tidur di Desa Banjerejo Grobogan !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel