Danau Bedugul Bali. Eksotis, Bernilai Seni, Budaya Dan Sejarah!

Hallo teman-teman. Sudah memasuki akhir tahun nih, apakah kalian sudah menyiapkan destinasi liburan akhir pekan ini?

Nah, yang memiliki list untuk wisata ke Bali atau bahkan yang sedang ada di Bali, kami memiliki destinasi wisata yang menjadi salah satu daya tarik di Pulau Dewata ini nih teman-teman.

Tempat wisata ini adalah Danau Bedugul. Siapa sih yang enggak tahu Danau Bedugul? Danau Bedugul merupakan ikon wisata Bali yang terdapat pada uang 50.000-an, yang mana menjadi ciri khas dan daya tarik dari Pulau Bali.

Danau Bedugul sendiri sudah terkenal sekali menjadi destinasi wisata di Pulai Bali, wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara pun menjadikan destinasi ini menjadi destinasi yang wajib untuk di kunjungi.

Daya tarik yang ditawarkan oleh wisata ini adalah perpaduan alam dan budaya yang menjadi satu dan memberikan warna berbeda dengan wisata-wisata lainnya. Untuk tiket masuk Danau Bedugul, bagi wisata nusantara adalah :
  • Dewasa : Rp. 10.000
  • Anak - Anak : Rp. 7.500
Sedangkan untuk wisata mancanegara tiket masuk yang dikenakan adalah :
  • Dewasa : Rp. 30.000
  • Anak - Anak : Rp. 15.000
Untuk jam buka wisata Danau Bedugul, mulai dari pukul 08.00 – 18.00 WITA. Namun karena wisata ini berada di atas bukit, jadi kabut dan cuaca juga menjadi pertimbangan jam buka tempat ini. Bilamana sudah mulai turun kabut dan hujan deras, wisata ini akan tutup lebih awal dikarenakan untuk menghindari hal-hal yang dapat membahayakan para wisatawan.

Sebenarnya Danau Bedugul Bali tidak hanya sekedar Danau saja lho teman-teman, Danau Bedugul memiliki banyak Pura yang menjulang tinggi dan terletak di tengah-tengah danau, yang mana dinamakan sebagai Pura Ulun Danu. Pura ini sendiri dibangun sekitar awal abad ke-17, yang mana dahulu didirikannya pura ini bertujuan untuk memuja kebesaran Tuhan, diantaranya adalah memohon anugerah kesuburan, kemakmuran, kesejahteraan manusia, dan untuk keseimbangan alam semesta.. Sehingga hal tersebut menambah keunikan dan keindahan dari wisata ini teman-teman.
Inilah titik dimana eksotisme keindahan dan aura religius kawasan Danau Beratan Bedugul Bali sangat kuat terasa. Ketika mata anda arah ke tengah danau bratan, maka saat itu juga kita bisa melihat sebuah Pura Suci di Bali yang bernama Pura Ulun Danu Beratan, Pura ini sangat kental design dan konsepnya dibangun dengan memperhatikan aspek religius dengan adat serta budaya bali yang sangat kental. 
Pura Ulun Danau Bratan Bedugul Bali ini terdiri dari beberapa tingkatan atap, yang menjadi simbol keyakinan umat hindu terhadap 3 dewa, yaitu Dewa Wisnu ( Menara Atap 11 Tingkat ), kemudian Dewa Brahma ( Menara Atap 7 Tingkat ) serta Dewa Siwa ( Menara Atap 3 Tingkat ). (Sumber : tempatwisatadibali.info)
Tempat ini memiliki nilai seni dan budaya yang sangat kental juga lho teman-teman. Warga lokal sering mengadakan acara-acara di sekitar danau bedugul. Sehingga kita bisa langsung belajar mengenai budaya - budaya dari masyarakat Pulau Dewata ini.

Selain itu keramah tamahan khas masyarakat Indonesia juga menjadi daya tarik lainnya, warga lokal sangat ramah kepada para wisatawan. Hal tersebut lah yang tentunya menjadi hal mengapa banyak wisatawan yang berwisata ke Pulau Bali.
Danau Beratan atau juga disebut Danu Bratan terletak di kawasan Bedugul, desa Candikuning, kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan, Bali. Kurang lebih 55 km dari kota Denpasar, Danau Bratan terletak di ketinggian ± 1240 m diatas permukaan laut, temperatur di kawasan danau Beratan (area Bedugul) kurang lebih 18° C pada malam hari dan ± 24° C pada siang hari. 
Danau Beratan mempunyai luas kira-kira 375.6 hektar dengan kedalaman antara 22-48 meter dengan luas keliling kurang lebih 12 km. Danau Bratan adalah danau terluas dan terbesar kedua setelah danau Batur di Bali, yang berfungsi sangat penting sebagai sumber utama irigasi pada daerah yang berada di bagian tengah pulau Bali. (Sumber : id.baliglory.com)
Oiya, untuk menikmati keindahan danau bedugul, para wisatawan juga diperkenankan untuk mengelilingi Danau menggunakan sepeda air gowes maupun speed boat yang mana akan membawa teman-teman mengililingi danau bedugul yang sangat luas ini.



Setelah selesai dan puas berfoto-foto di Danau Bedugul, jangan lupa untuk membeli oleh-olehnya juga ya teman-teman, karena dengan membeli oleh-oleh kita juga membantu perekonomian warga lokal yang berjualan disana. Oleh-oleh di Danau Bedugul ada di sepanjang pintu keluar sampai menuju parkiran, berbagai macam jenis oleh-oleh mulai dari souvenir, kaos, makanan, dll tersedia semua lho.

Tunggu apalagi, Berwisata ke Bali harus menjadi destinasi wisata kalian semua teman-teman, karena "Dewata Selalu Hadirkan Pesona". Yuk ! ke Bali !



0 Response to "Danau Bedugul Bali. Eksotis, Bernilai Seni, Budaya Dan Sejarah!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel