Situs Gunung Padang Cianjur ! Situs Prasejarah Megalitikum !

Hallo teman-teman !

Sudah memasuki tahun baru 2019 nih, bagaimana liburan kemarin? sudah cukup untuk merefreshingkan fisik dan pikiran? atau masih kurang lama? hahaha

Kali ini kami ingin merekomendasikan wisata yang kaya akan sejarah dan kental akan nilai budaya nya. Wisata ini sebenarnya memang sudah terkenal dan sering diliput oleh media nasional bahkan internasional juga lho. Ya, wisata ini adalah Situs Gunung Padang yang terletak di perbatasan antara Sukabumi dan Cianjur.

Sebenarnya situs gunung padang merupakan warisan budaya yang mana menjadi "harta karun" bagi Negara ini, diluar sisi misteri yang terkandung didalamnya, sejatinya Situs Gunung Padang ini merupakan tempat wisata yang beredukasi dan juga indah, sehingga cocok untuk liburan bersama keluarga maupun teman-teman kalian semua.

Situs Gunung Padang sendiri merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.

Yang menjadikan situs gunung padang terkenal sebenarnya situs ini diperkirakan lebih dahulu di buat sebelum adanya Candi Borobudur bahkan Piramida yang ada di Mesir sana, jadi memang sudah sangat lama sekali Indonesia menyimpan garis sejarah yang begitu menakjubkan, sehingga bisa dibilang Situs Gunung Padang lebih tua dari dua peradaban tua di dunia, wah keren ya teman-teman.
Gunung Padang yang terletak di Kabupaten Cianjur sudah lama dikenal oleh para ahli sejak tahun 1800-an akhir. Warsa 1914, ada laporan tentang Gunung Padang yang dimuat pada Rapporten van de Oudheid kundige Dienst (ROD) atau buletin Dinas Kepurbakalaan. 
Pada 2011, Gunung Padang sempat ramai diisukan sebagai sebuah piramida dan berumur lebih tua dari Piramida Giza di Mesir dan kebudayaan Machu Picchu di Peru. (Sumber : tirto.id)
Banyak yang menduga duga bahwasannya Gunung Padang merupakan sebuah piramida yang dibangun sebelum piramida tertua yang ada di Mesir sana. Namun tentunya itu juga masih menjadi dugaan dan belum pasti akan kebenarannya, tapi diluar perdebatan itu semua, wisata ini tentunya wajib dilestarikan karena menyuguhkan pesona alam yang tiada dua nya.



Saat kami berkunjung kesini kami dipandu oleh seorang Tour Guide Situs Gunug Padang, beliau sendiri menjelaskan banyak hal, salah satunya bentuk batu yang ada di Situs ini. Bilamana kita melihat semua batu, kebanyakan batu-batu tersebut terbentuk dengan rapih, dan rata rata memiliki 5 sisi atau biasa disebut pentagon. 

Terciptanya bentuk batu-batu ini memiliki banyak sekali persepsi, yang dijelaskan oleh Tour Guide yaitu ada 3 persepsi mengapa batu-batu yang ada bisa berbentuk pentagon ; yang pertama adalah batu-batu ini memang asli dibangun pada zaman megalitikum oleh tangan-tangan manusia, sehingga bentuk batuannya bisa sama. Persepsi yang kedua yaitu terbentuk secara alami oleh endapan gunug api selama jutaan tahun. Dan persepsi terakhir adalah batuan ini dibuat oleh sekelompok makhluk asing luar angkasa yang memang sedang menandakan wilayah.

Dari beberapa persepsi tersebut kita bebas untuk mempercayainya ataupun tidak, namun hal-hal tersebutlah yang membuat sejarah menjadi semakin menarik.

Batuan yang ada di situs gunung padang sendiri memiliki kandungan besi sebanyak 70%, yang mana bila batu ini berada diatas tanah bila disentil atau dipukul bisa berbunyi layaknya besi yang disentil atau dipukul, sungguh sangat unik sekali ya teman-teman.

Untuk bisa menaiki atau berada disitus gunung padang ini kalian perlu berjalan menaiki anak tangga, terdapat 2 jalur, yaitu jalur landai dan curam. Jalur landai terdapat kurang lebih 170 anak tangga namun sangatlah curam untuk sampai keatas, sedangkan jalur landai terdapat kurang lebih 350 anak tangga. Tentunya kedua anak tangga ini cukup menguras tenaga kita hahaha. Namun terbayar bilamana kita sudah berada diatas sana.

Layaknya puncak gunung, bilamana sudah berada diatas, kita bisa melihat pemadangan yang membantang luas, karena Situs ini dikelilingi lima gunung, sebelah Timur yaitu gunung Pasir malang, tenggara gunung Melati, lainnya Emped, Karuhun dan Gunung Batu. Sementara lima gunung di depannya yaitu Gunung Pasir Malang, Pasir Bogor, Kencana, Gunung gede, dan Pangrango.
Situs Gunung Padang di Cianjur memang menawarkan cerita menarik. Penduduk di sana mempercayai Gunung Padang adalah tempat yang sakral. Salah satu yang menarik adalah cerita tentang serba lima. Apa saja itu? 
  1. Situs Gunung Padang diapit oleh lima sungai, yaitu S. Cipanggulaan, S. Cikuta, S. Ciwangun, S. Pasir Malang, dan S. Cimanggu. Sungai ini mengalir di tiap sisi di kaki bukit Gunung Padang.
  2. Terdapat lima teras di Puncak bukit Gunung padang. 
  3. Tiap teras dihubungkan oleh lima lima anak tangga kecil. 
  4. Ternyata, sekitar 95% sudut batu itu adalah segi lima. 
  5. Dikelilingi oleh lima bukit, yaitu Karuhun, Pasir Emped, Pasir Malati, Pasir Malang, dan Pasir Batu. ("Pasir", bahasa Sunda, artinya "bukit"). 
  6. Orientasinya tegak lurus ke lima gunung secara sejajar, yaitu Gunung Pasir Pogor, Gunung Cikencana, Gunung Pangrango, Gunung Gede, dan Gunung Batu. 
Sehingga Angka lima memang mempunyai makna tersendiri. Selain itu angka lima dipakai untuk dasar negara. Selain itu, rukun Islam yang berjumlah lima menyimbolkan kesempurnaan. (Sumber : intisari.grid.id)
Waktu yang cocok untuk kesini saat siang hari, karena hijaunya pohon dan birunya langit sangat terlihat jelas, dan berdoa saja hujan tidak turun, karena kalau hujan akan turun, situs ini akan dikelilingi kabut dan membuat jarak pandang menjadi terbatas.

Oiya disarankan juga bilaman ke Situs Gunung Padang untuk memakai jasa Tour Guide ya teman-teman, agar ilmu kita bisa bertambah dan persepsi akan Situs Gunung Padang bisa lebih jelas dari sumbernya langsung.

Nah penasaran kan? Tunggu apalai, Yuk! Ke Cianjur !



0 Response to "Situs Gunung Padang Cianjur ! Situs Prasejarah Megalitikum !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel