Melepas Penat Sejenak, Mari Mengunjungi Taman Lapangan Banteng Jakarta !

Hallo teman-teman, bagaimana kabar kalian semua? semoga sehat selalu yaa !

Untuk kalian yang berdomisili di Jakarta atau yang berdomisili di luar Jakarta dan ingin berwisata ke tempat-tempat sekitaran Jakarta. Kami punya rekomendasi tempat wisata yang sebenarnya belum banyak yang tahu karena tergolong masih merupakan wisata baru. Tempat ini adalah Lapangan Banteng, kira-kira kalian sudah tahu belum apa itu Lapangan Banteng? biasanya suka disebut juga sebagai Monumen Pembebasan Irian Barat.

Sejatinya Ibu Kota Negara kita ini memiliki banyak sekali tempat wisata, mulai dari wisata yang berbayar, hingga wisata yang gratis untuk dikunjungi. Di setiap sisi Kota Jakarta sebenarnya menyimpan potensi nya masing-masing, tapi kebanyakan wisata yang ada di Jakarta adalah wisata buatan yang dikembangkan sedemikian rupa, sehingga pesona nya dapat menarik wisatawan-wisatawan baik disekitar Jakarta ataupun di luar Jakarta, bahkan sampai luar Negeri.

Wisata Lapangan Banteng atau Monumen Pembebasan Irian Barat ini merupakan wisata baru lho teman-teman. Maksudnya bukan wisata nya yang baru, namun tampilan dari tempat ini menjadi lebih keren karena telah dilakukan revitalisasi oleh Pemkot Jakarta sejak tahun lalu, sehingga sekarang kondisi Lapangan Banteng menjadi tempat wisata yang memiliki daya tarik yang tak kalah hebat dari taman-taman lainnya di Jakarta.

Yang membuat taman ini unik dan memiliki daya tarik tersendiri adalah konstruksi taman yang memang berbeda dari taman-taman lain di sekitar Jakarta, karena taman ini tak hanya menonjokkan pepohonan atau rerumputan saja lho, melainkan terdapat patung yang menjulang tinggi ke atas sebagai ikon utama dari taman ini. Ditengah - tengah lokasi lapangan banteng terdapat patung bersejarah yang menjulang tinggi dan gagah yang dinamakan Monumen Patung Pembebasan Irian Barat.
Patung yang dibangun pada tahun 1962 ini ide dasarnya berasal dari Presiden RI yang pertama Soekarno dan diterjemahkan dalam bentuk sketsa oleh Henk Ngantung yang merupakan Wakil Gubenur DKI Jakarta saat itu. Pembuatan patung pembebasan irian barat memakan waktu kurang lebih 12 bulan. Monumen patung pembebasan Irian Barat diresmikan pada tanggal 17 Agustus 1963.
Atas dasar solidaritas dengan para saudara saudara kita yang tengah berjuang untuk membebaskan wilayah Irian barat Presiden Soekarno menggerakan tekad para pemuda di seluruh indonesia untuk membantu warga Irian Barat yang tengah berjuang untuk membebaskan diri dari belenggu penjajahan belanda melalui pidatonya di yogyakarta yang kemudian dijakarta dibuat patung pembebasan Irian Barat pada tahun 1962 yang lokasinya berada di lapangan banteng dekat dengan gereja katedral jakarta,dimana patung pembebasan irian barat menggambarkan seorang laki - laki dengan gagah berhasil memutus rantai yang ada di tangan dan kakinya yang bermakna kebebasan dari belenggu penjajah. (Sumber : www.liburananak.com)
Nah, tidak hanya itu saja, namun yang paling menarik adalah biasnaya pada saat malam hari Taman Lapangan Banteng suka mengadakan acara yaitu pertunjukan air mancur menari, yang mana acara ini gratis alias tidak dipungut biaya. Oleh karena itu di sekitar taman ini terdapat "Ampihitheatre". Amphitheatre ini merupkana kursi yang memiliki sebelas undakan dan mengililingi setengah monumen pembebasan irian barat, selain itu ditaksir kursi-kursi ini bisa menampung ribuan orang. Ampitheatre ini sebenarnya berfungsi untuk menikmati pertunjukan air mancur menari, namun karena desain dari taman ini yang sungguh unik, banyak yang menjadikan sebagai spot foto-foto juga lho, dan bisa dibilang kekinian juga hahaha.

Selain itu di sisi lainnya terdapat dinding yang terdapat kutipan-kutipan beberapa tokoh bangsa yang dipajang disepanjang dinding taman. Beberapa kutipan yang ada antara lain pidato proklamasi, deklarasi djuanda, serta pidato Presiden Ir. Soekarno mengenai Pembebasan Irian Barat.

Untuk kalian yang membawa anak-anak tak usah khawatir, karena tempat ini cocok untuk segala usia. Terdapat taman bermain anak dan lapangan bola juga lho, sehingga bisa dibilang tempat ini cocok untuk anak muda serta keluarga. Yang mau berolahraga disini pun juga bisa, seperti jogging, bermain bola dll.

Lokasi tempat ini sangat strategis, karena dikelilingi oleh Masjid Istiqlal dan juga Gereja Katedral, dan posisinya berada ditengah-tengah. Selain itu disekitar lapangan banteng dikelilingi oleg Hotel Borobudur, Gedung Kementerian Agama, Gedung Pertamina, Gedung Kementerian Keuangan dll, sehingga tempat ini mudah untuk dicari.

Wisata Lapangan Banteng ini buka 24 jam ya teman-teman, sehingga kalian bisa datang kapanpun, namun waktu yang menurut kami pas untuk mengunjungi tempat ini pada saat siang, sore dan malam hari. Karena saat siang biasanya untuk foto-foto bagus, walaupun panas, namun cahaya yang didapatkan begitu sempurna. Bila sore hari, biasanya waktu yang cocok untuk jogging atau mungkin sekedar jalan-jalan saja bersama teman ataupun keluarga. Dan pada saat malam hari, tempat ini mengadakan pertunjukan air mancur menari yang gratis untuk ditonton.

Nah, dari semua fasilitas yang kalian dapatkan, yuk berwisata ke Taman Lapangan Banteng, belajar sejarah sekaligus bisa menikmati suasana. Tunggu apalagi, Yuk ke Jakarta !


0 Response to "Melepas Penat Sejenak, Mari Mengunjungi Taman Lapangan Banteng Jakarta !"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel